Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Berbagai Jenis Cutting Tool pada Mesin CNC

Jenis Cutting Tool pada Mesin CNC - Mesin CNC (Computer Numerical Control) adalah mesin perkakas yang dapat menghasilkan produk dengan presisi tinggi dan konsistensi yang baik. Salah satu komponen penting dari mesin CNC adalah cutting tool atau pisau potong yang digunakan untuk memotong material secara presisi. Cutting tool adalah benda keras yang digunakan untuk menghilangkan material dari benda kerja dengan gerakan rotasi atau gerak lurus.


Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai berbagai jenis cutting tool yang digunakan pada mesin CNC.

1. End Mill

End mill adalah cutting tool yang digunakan untuk membuat celah atau memotong material pada sisi atau ujung benda kerja. End mill biasanya terbuat dari bahan karbida dan memiliki gigi pada ujungnya untuk memotong material. End mill dapat digunakan untuk memotong material logam, kayu, plastik, dan keramik.



2. Drill Bit

Drill bit adalah cutting tool yang digunakan untuk membuat lubang pada benda kerja. Drill bit terdiri dari ujung yang runcing dan panjang batang yang digunakan untuk dipegang oleh mesin bor pada mesin CNC. Drill bit biasanya terbuat dari baja cepat (HSS) atau karbida dan dapat digunakan untuk memotong material logam, kayu, plastik, dan keramik.



3. Ball Nose Cutter

Ball nose cutter adalah cutting tool yang digunakan untuk membuat celah atau memotong material dengan bentuk melengkung pada benda kerja. Ball nose cutter terdiri dari ujung yang bulat dan gigi yang terletak pada permukaan melengkung. Ball nose cutter biasanya digunakan untuk memotong material logam, kayu, dan plastik.


4. Fly Cutter

Fly cutter adalah cutting tool yang digunakan untuk memotong material dengan gerakan melingkar pada benda kerja. Fly cutter terdiri dari sebuah pisau potong yang dipasangkan pada sebuah roda berputar. Fly cutter dapat digunakan untuk memotong material logam dan kayu.


5. Chamfer Cutter

Chamfer cutter adalah cutting tool yang digunakan untuk membuat sudut atau chamfer pada benda kerja. Chamfer cutter terdiri dari ujung yang runcing dan sudut yang terletak pada permukaan potong. Chamfer cutter biasanya digunakan untuk memotong material logam, kayu, dan plastik.



6. Countersink

Countersink adalah cutting tool yang digunakan untuk membuat kerucut pada ujung lubang yang telah dibor pada benda kerja. Countersink terdiri dari ujung yang runcing dan gigi pada permukaan potong. Countersink biasanya digunakan untuk memotong material logam dan kayu.



7. Reamer

Reamer adalah cutting tool yang digunakan untuk memperbaiki lubang yang sudah dibor pada benda kerja. Reamer terdiri dari gigi yang terletak pada permukaan potong dan dapat digunakan untuk memotong material logam, kayu, dan plastik.



8. Tap

Tap adalah cutting tool yang digunakan untuk membuat ulir pada benda kerja. Tap terdiri dari ujung yang runcing dan gigi pada permukaan potong. Tap biasanya digunakan untuk memotong material logam dan plastik.



9. Broach

Broach adalah cutting tool yang digunakan untuk membuat bentuk yang kompleks pada benda kerja. Broach terdiri dari sebuah bilah pisau potong yang panjang dan berbentuk seperti sabit. Broach digunakan untuk memotong material logam.



10. Slot Drill

Slot drill adalah cutting tool yang digunakan untuk membuat slot atau celah pada benda kerja. Slot drill terdiri dari ujung yang runcing dan gigi pada permukaan potong. Slot drill biasanya digunakan untuk memotong material logam, kayu, dan plastik.


Setiap cutting tool memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing tergantung dari jenis material yang dipotong dan bentuk potongan yang diinginkan. Oleh karena itu, pemilihan cutting tool yang tepat sangatlah penting untuk mencapai hasil yang optimal pada mesin CNC.

Selain jenis cutting tool, faktor lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan pemotongan, feed rate, dan kedalaman pemotongan yang disesuaikan dengan jenis material yang dipotong. Jika semua faktor ini dipertimbangkan dengan baik, hasil pemotongan pada mesin CNC akan lebih optimal dan presisi.


Kesimpulan

Cutting tool adalah komponen penting pada mesin CNC yang digunakan untuk memotong material dengan presisi dan akurasi tinggi. Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai jenis cutting tool seperti end mill, drill bit, ball nose cutter, fly cutter, chamfer cutter, countersink, reamer, tap, broach, dan slot drill. Setiap jenis cutting tool memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Oleh karena itu, pemilihan cutting tool yang tepat sangatlah penting untuk mencapai hasil yang optimal pada mesin CNC

Posting Komentar untuk "Mengenal Berbagai Jenis Cutting Tool pada Mesin CNC"